Copy Writer vs Content Writer

Yup, Copy Writer dan Content Writer itu sangat berbeda, yuk ketahui perbedaannya.


Keduanya merupakan pekerjaan di bidang tulis-menulis, seringkali pekerjaan ini dianggap sama oleh banyak orang, namun ternyata keduanya memiliki tugas yang berbeda.



Sekilas terlihat sama namun ada beberapa perbedaan, secara sederhana Content Writer itu biasa membuat artikel yang menghasilkan konten dalam bentuk tulisan bersifat informatif, edukatif atau menghibur. Biasanya dibuat dalam artikel yang panjang dan detail, sedangkan Copy Writer itu biasanya untuk kegiatan penjualan atau pemasaran. Dibuat untuk target market yang awalnya tidak mengetahui tentang produknya, menjadi tahu bahkan tertarik dengan produknya.






Tujuan

Content Writer fokus terhadap minat, membangun kepercayaan, hingga memberikan informasi kepada pembaca. Contoh yang paling dekat adalah artikel ini yang sedang kamu baca, ini merupakan hasil dari seorang Content Writer.


Copy Writing dibuat untuk tujuan menarik calon pelanggan atau client dalam membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Caption, Slogan dan tagline menjadi beberapa contoh hasil dari Copy Writer


Gaya Tulisan

Content Writer biasanya lebih panjang dan detail, menggunakan kaidah penulisan jurnalistik serta 5W + 1H, sedangkan Copy Writer biasanya lebih singkat dengan ciri headline, tagline dan slogan. Meski begitu, keduanya tetap harus memiliki wawasan yang luas dan bisa membuat tulisannya enak untuk dibaca.


Penggunaan Media

Umumnya Content Writer mempublikasikan tulisannya melalui web atau blog, sedangkan Copy Writer biasanya di poster, social media campaign, web banner dan lain-lain.


Gimana? Sekarang udah tau kan perbedaan Content Writer dan Copy Writer? Jangan salah lagi ya…

Ayo tentukan karirmu dari sekarang bersama halolearn



Writer : Firdania Alda Elsa

Halolearn Content Writer