Simak 3 Langkah Membangun Karir Sebagai Content Creator

Updated: Oct 13, 2021

Semua Orang Bisa Menjadi Content Creator

Sebentar lagi era digital akan beralih ke era 5.0 yang mana mengajak setiap orang untuk ikut melakukan perubahan atau yang biasa disebut agent of change. Salah satu perubahan yang begitu terasa yaitu dalam dunia digital marketing, kemudian muncul berbagai profesi pendukung seperti Content Creator.



Profesi Content Creator menjadi salah satu pekerjaan yang diburu di tahun 2021, maka dari itu kamu bisa banyak belajar tentang Content Creator, namun sebelum itu udah pada tau belum nih definisi Content Creator ?


Content Creator adalah sebutan bagi orang yang bekerja menciptakan konten di suatu perusahaan atau platform. Mereka adalah orang yang memiliki kreatifitas yang tinggi untuk menghasilkan beragam jenis konten sekaligus, konten yang dihasilkan dapat berupa foto, video, tulisan dan sebagainya. Saat ini jenis Content Creator begitu beragam, bisa menjadi Content Creator Youtube, TikTok, atau mungkin Content Creator di salah satu perusahaan.


Menjadi Content Creator adalah hal yang mudah jika sudah terbiasa dan banyak belajar, berikut ini adalah 3 Langkah buat kamu yang ingin berkarir di profesi Content Creator.


1. Membuat Konten yang Berkualitas


Beragam konten yang berkualitas dapat kamu buat secara profesional dan manghasilkan beragam konten yang terbaik, seperti apa konten yang berkualitas itu?


Konten yang berkualitas itu dapat memberikan informasi yang singkat, padat, jelas namun tetap detail. Hal penting lainnya adalah ditulis dengan tata bahasa yang baik dan benar, formal atau informalnya bahasa tergantung dari perusahaan yang dipegang, maka dari itu kamu harus tau betul branding perusahaan tersebut.


Konten yang berkualitas juga dapat membuat orang lain tidak terganggu ketika mendengar, melihat atau membacanya, oleh karena itu research konten sangat diperlukan supaya konten selalu detail dan tidak salah sasaran.


2. Selalu Uptodate Berbagai Hal dari Industri yang Digeluti


Pengetahuan yang luas harus dimiliki oleh seorang Content Creator mengenai segala hal yang berkaitan dengan perusahaan yang kamu pegang. Harus selalu berusaha update ilmu yang dimiliki berhubungan dengan industri terkait. Contoh, kamu adalah seorang Content Creator dari sebuah perusahaan pet industry, maka kamu harus selalu mengikuti tren beserta ilmu-ilmu tentang hewan peliharaan.


Membaca artikel, berita atau konten yang relevan dengan industri yang kamu geluti. Usahakan jangan sampai ketinggalan hal yang sedang viral di salah satu platform supaya konten yang kamu buat selalu baru dan membuat konten kamu diterima orang banyak.


3. Terima Kritik dan Saran untuk Perkembangan Kontenmu


Content Creator yang bisa berkembang dan maju merupakan orang yang terbuka menerima kritik dan saran, mengapa begitu?

Karena ini adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi konten yang dibuat, dengan mendengarkan kritik, tanggapan dan mempertimbangkan saran dari orang lain membuat kamu bisa lebih baik lagi membuat konten selanjutnya.


Nah, tiga hal di atas merupakan sebagian kecil informasi untuk menggeluti karir sebagai Content Creator. Kini, kita bisa banyak belajar dan mencari informasi dengan mudah, cara lain supaya bisa mempersiapkan karir kita dengan matang adalah masuk ke dalam komunitas, mengikuti course atau kelas yang berkaitan dengan karir yang diidamkan, salah satunya adalah halolearn.

Join Boost Career Program Halolearn yang akan Membimbing Kamu dalam 4 Minggu

Pendaftaran : https://bit.ly/halolearnbootcamp

Cek info detail di www.halolearnid.com


Writer : Firdania Alda Elsa

Content Writer Halolearn