Tips Menjadi Copywritter

Updated: Dec 9, 2021


Kamu pasti pernah dengar copywriter, kan? Profesi ini memang sudah tidak asing lagi. Bahkan permintaan perusahaan akan keahlian ini, semakin banyak, loh.

Baik bisnis yang bergerak di industri kreatif maupun tidak, perusahaan menyadari bahwa kehadiran copywriter terbilang cukup esensial untuk keberlangsungan marketing perusahaan.

Jadi, peluangmu besar jika profesi ini memang yang kamu idamkan. Penasaran? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

Arti Copywritter

Copywriter adalah profesi menulis teks yang memiliki tujuan untuk mempromosikan atau juga memasarkan produk maupun jasa yang ada dari klien/perusahaan di tempat ia bekerja.

6 Langkah yang anda harus lakukan jika menjadi Copywritter

  1. Pelajari Produk Atau Layanan Anda.

  2. Pahami Kebutuhan Audiens.

  3. Tentukan Headline yang Memikat.

  4. Dukung Headline dengan Lead yang Menarik.

  5. Tulis Copy yang Berkualitas.

  6. Akhiri dengan Persuasi.

Skill yang dibutuhkan seorang Copywritter


1.Kemampuan memahami pola pikir audiens

Sebagian besar porsi pekerjaan seorang copywriter adalah bagaimana caranya meyakinkan audiens agar memilih jasa atau produk yang kamu promosikan. Oleh karenanya, kemampuan untuk memahami pola pikir seseorang sangatlah penting dalam pekerjaan copywriter.

2.Kemampuan meneliti

Demi menghadirkan hasil pekerjaan yang memuaskan, seorang copywriter harus memahami apa yang tengah ia tulis. Itu artinya kamu dituntut untuk menjadi seorang peneliti yang mampu mencacah brief, menginvestigasi, mencari, dan menganalisa segala macam informasi berkaitan dengan produk, brand, serta audiens mereka.

Penelitian yang efektif tidak hanya sebatas mencari berdasarkan kata kunci di kotak pencarian Google. Kamu juga bisa melakukan wawancara dengan brand dan beberapa audiens mereka untuk menggali pengetahuan yang lebih mendalam.

3.Mendaur ulang ide lama, membuat ide baru

Kemampuan copywriter hampir selalu menyesuaikan kebutuhan audiens dan mesin pencari. Meski demikian ada satu kemampuan yang tidak pernah akan berubah: seorang copywriter harus membuat sesuatu yang baru.

Salah satu tantangan yang dihadapi para penulis adalah tawaran ide baru. Ide-ide yang muncul dalam kepalamu bisa saja pernah dilakukan, dicoba, dan didaur ulang 500 kali oleh banyak orang. Berusaha keluar dari ide-ide tersebut dan memaksakan diri untuk membuat sesuatu bisa saja membuat kamu mengalami writer’s block. Jadi, bagaimana caranya kamu bisa menulis sesuatu yang baru, menyenangkan, dan menarik ketika hampir seluruh audiens yang kamu tuju tidak sepenuhnya peduli terhadap produk yang kamu promosikan?

4.Kemampuan bercerita dalam bahasa audiens

Setelah memahami kondisi pola pikir audiens yang dituju dan mendapatkan serangkaian informasi sehubungan dengan produk, brand, dan audiens, selanjutnya kamu harus mampu bercerita dalam bahasa yang dipahami audiens. Seorang copywriter legendaris David Ogilvy pernah berkata, “Jika kamu ingin meyakinkan seseorang untuk melakukan sesuatu, atau membeli sesuatu, menurut saya kamu harus menggunakan bahasa mereka; bahasa yang mereka gunakan setiap harinya, bahasa yang mereka gunakan untuk berpikir.”

5.Menulis dengan empati

Agar bisa menulis sesuatu yang dapat menjual, kamu diharuskan mampu menyentuh emosi audiens. Oleh karenanya, jangan takut untuk menggunakan kata-kata yang mencerminkan perasaan seperti bahagia, kesedihan, kegagalan, ketakutan, dan kepercayaan audiens yang kamu tuju. Dengan menggunakan kekuatan empati, kamu dapat menggerakkan audiens untuk mencapai tujuan pembuatan copy tersebut dan tentunya memperbesar kemungkinan mereka menuruti Call-to-Action kamu.

Setelah kamu mengetahui kemampuan yang penting dikuasai oleh copywriter, sekarang waktunya latihan. Sama seperti menulis pada umumnya, perlu waktu untuk menyempurnakan kemampuanmu sebagai copywriter dan jangan pernah merasa puas. Copywriter yang hebat adalah mereka yang selalu mencari inovasi dan cara untuk berkembang. Dengan menanamkan pola pikir yang sama, kamu pun bisa menjadi seorang copywriter yang andal.

Menjadi seorang copywriter bisa jadi peluang anda untuk mendapatkan penghasilan tanpa perlu modal yang banyak. Cuma perlu laptop dan otak yang paham bagaimana membuat tulisan yang menarik dan paham perilaku konsumen.

Pekerjaan model ngetik ini nyatanya dicari oleh banyak orang karena sifatnya yang fundamental untuk perkembangan bisnis di industri manapun.

Gimana? Menarik menjajaki karir sebagai copywriter? Kamu bingung apa saja si awal menjadi Copywritter? Yuk ikut kelas dari Halolearn




writer : Destri Ulina Malau