top of page

yuk simak interview menggunakan metode STAR⭐

Updated: Dec 9, 2021



Untuk mencari kandidat terbaik, seorang HR atau User akan melihat bagaimana pengalaman kamu dimasa lalu dengan menanyakan beberapa pertanyaan yang dilontarkan.

Bagaimana cara HR atau User mengetahaui pengalaman kerja, magang atau organisasi kampus kamu sebelumnya. untuk menjawab pertanyaan tersebut kamu dapat menggunakan "Metode Star" yuksimak penjelasan di bawah.

Metode STAR adalah salah satu cara dalam menjawab pertanyaan yang terkait dengan Pengalaman, prestasi/keberhasilan, tingkah laku, cara mengantasi situasi sulit Pertanyaan ini terkait dengan langkahmu menyikapi sesuatu dalam suasana kerja.

Nah recruiters mau melihat cara apakah yang kamu lakukan ketika terjadi suatuperistiwa di pengalaman kerja atau magang yang pernah kamu lakukan sebelumnya.



Apa si itu STAR ?

S - T - A - R adalah kepanjangan dari Situation, Task, Action, Result. Metode ini digunakan ketika diminta bercerita tentang pengalaman kerja di masa lalu atau pertanyaan yang bersifat situasional.


HR akan mengajukan pertanyaan yang lebih situasional seperti

1. ceritakan pengalaman Anda saat harus bekerja dibawah tekanan?

2. berikan contoh saat Anda menghadapi konflik saat bekerja dengan tim

3. bagaimana cara menghadapi permintaan client yang sulit? dll...


kamu bisa menjawab pertanyaan seperti diatas dengan menggunakan Metode STAR

contohnya "ceritakan pengalaman kamu ketika memimpin sebuah proyek"


Situation :

Menceritakan situasi sesuai konteks pertanyaan atau situasi yang telah dilalu

jawabannya : "saat itu saya berada dalam divisi dimana kami diberikan sebuah proyek dan saya menjadi ketua proyek tersebut dengan anggota divisi 6 orang. Target proyek kami selesai dalam waktu 3 bulan"


Task :

Menjelaskan tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan

jawabannya : "saya memimpin divisi, memberi tugas kepada rekan kerja (ceritakan sesuai pengalaman di bidangnya), dan berkoordinasi juga dengan rekan setim, manager, dan divisi lain."


Action :

Menceritakan bagaimana cara kamu menyelesaikan tugas itu dan cara kamu mengatasi permasalahannya (jika ada) atau tindakan nyata apa yang dilakukan pada situasi terjadi

jawabannya : Saat itu, saya sudah mulai memilih dan membuat list terkait apa yang menjadi fokus untuk dikerjakan setiap harinya dan mencari data terkait masalah, memimpin diskusi bersama, merancang ide dll


Result :

Menjelaskan hasil dari action yang sudah dilakukan

jawabannya : Proyek tersebut berhasil diimplementasikan dan mencapai tujuan yang diinginkan . Divisi kami juga menjalankan tugas dengan baik dengan meningkatkan leads sebesar xx%, walaupun tidak mencapai KPI yang telah ditetapkan, yaitu sebesar xx%.”


Metode ini hanya digunakan untuk menjawab pertanyaan interview mengenai

-Prestasi/keberhasilan

-Pengalaman

-Bagaimana Anda mengatasi situasi sulit

dan lain - lain



writer : Destri Ulina Malau

bottom of page