top of page

Kenali Tren Karir sebagai SEO

Apa itu SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Teknik ini adalah upaya mengoptimalkan website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google.

SEO sangat berfokus pada pencarian kata kunci secara organik, sehingga dengan adanya SEO, situs akan mudah orang temukan sehingga berpotensi menyedot lebih banyak Customer/Client/Traffic.



Manfaat SEO Bagi Website dan Bisnis

Mungkin muncul pertanyaan, kenapa sih tetap harus menerapkan SEO website? Padahal bisa promosi situs lewat channel marketing seperti menggunakan fitur swipe up di instagram.

Kita perlu mengetahui bahwa apapun industrinya, sebagian besar traffic itu datangnya dari mesin pencarian dan jumlah traffic berpengaruh besar terhadap keberhasilan website untuk mencapai visinya.

Beberapa manfaat bagi website dan bisnis, diantaranya :


1. Memudahkan Audiens Menemukan Website

SEO membuat websitenya di posisi atas ketika dicari oleh orang lain dengan keyword yang sesuai.


2. Menangkap Target Audiens yang tepat

Memiliki keyword yang tepat membuat website mudah dijangkau oleh audiens dan tepat sasaran


3. Membangun Brand Awareness

Google merupakan tempat strategis untuk memperkenalkan suatu produk karena 63% orang lebih memilih mencari produk di google dibandingkan situs review lainnya.

4. Sebagai Investasi Jangka Panjang

SEO adalah investasi jangka panjang karena hasil pencarian yang relevan bisa mempengaruhi 39% keputusan calon pembeli maka dari itu, SEO google mampu memperbesar kesempatan bisnis.

5. Meningkatkan Penjualan dan Konversi

SEO menjangkau audiens lebih luas, efektif dan efisien, 75% pengusaha berpendapat bahwa SEO lebih menghasilkan daripada trik marketing lainnya.


Kami sudah memberi tahu sebagian kecil tentang manfaat SEO. SEO membuat audiens tidak hanya asal mampir ke website saja tapi juga melancarkan untuk meraih tujuan webisite.

Bahasannya makin seru ya betapa pentingnya peran SEO dalam dunia kerja saat ini, makin tertarik belajar apa itu SEO? Tuntuskan rasa penasaran kamu yaa..

Cara Kerja dan Teknik SEO

Cara kerja dan teknik SEO untuk membantu mengoptimalkan halaman website di mesin pencari akan kita bahas satu per satu. Memang tidak semudah yang dibayangkan, namun tidak sesulit yang dipikirkan pula jika sudah biasa mengerjakannya. Mesin pencari atau search engine memiliki tiga tugas utama untuk mencari permintaan yang biasa orang ketik.


1. Crawling

Crawling itu adalah proses yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari seluruh website, mulai dari halaman hingga link.


2. Indexing

Kemudian web crawler akan menyimpan informasi yang sudah didapatkan ke dalam enti list : index.

3. Ranking

Di tahap ini, Search Engine akan menampilkan hasil peringkat berdasarkan pencarian yang paling sesuai dengan konten yang relevan kemudian menerapkannya, keyword yang digunakan harus sesuai dengan target supaya tepat sasaran.

Jika semua tahap sudah terlewati algoritma google memastikan pengguna akan mendapatkan sumber yang relevan dan terpercaya. Terkait dengan teknik SEO, kita harus perlu belajar memahami bahasa pemprogaman dan aktivitas teknis. Contoh kecilnya adalah melakukan audit di core web vital, page speed, robot.txt. Dan lain-lain.

Selalu ingat bahwa di dunia pekerjaan pastinya tidak bekerja sendiri-sendiri, akan ada content creator, SEM yang pastinya membantu pula menjangkau audiens lebih luas.

Artinya semakin bagus dan mudah konten website ditemukan di Google, semakin besar peluangnya untuk menarik traffic. Apalagi, kalau konten kita muncul berulang kali ketika audiens memasukkan berbagai keyword.

Nah, gimana pembahasan tentang SEO kali ini? Tetap masih bingung kira-kira karir yang tepat untuk kamu apaa?

Tenang.. halolearn siap membantu kamu untuk memilih karir yang tepat hingga mempersiapkannya dengan matang.

Join Boost Career Program Halolearn yang akan membimbing kamu dalam 4 Minggu

cek info detail di www.halolearnid.com

Link pendaftaran : https://bit.ly/halolearnbootcamp




Writer : Firdania Alda Elsa

Content Writer Halolearn



bottom of page