Tes Minat Karir dengan menggunakan DISC Test

Updated: May 21

Disc personality test apa?

Tes kepribadian online membantu memahami kekuatan dan kelemahan diri sejak dini. DISC adalah singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance.


Pentingnya DISC tes untuk para calon karyawan untuk mengetahui seberapa mengenalnya terhadap diri sendiri agar dapat menemukan potensi karir yang cukup sesuai dengan kepribadian.


DISC Tes adalah Kepanjangan dari D (Dominance) , I (Influence) , S (Submission), dan C

(Compliance)



1. Kepribadian D (Dominance)


Kepribadian ini menggambarkan mereka yang bersifat mandiri dan cukup tegas. Mereka memiliki tujuan yang cukup jelas dan bahkan suka banget sama tantangan. Sering sekali mereka yang memiliki kepribadian Dominance ini dianggap sebagai orang yang ambisius.

2. Tipe Kepribadian I (Influence)

Kepribadian ini memiliki tingkat percaya diri yang sangat tinggi and menarik. Bahkan mereka gampang sekali untuk menarik perhatian orang lain di sekitarnya. Mereka adalah orang yang memiliki segudang ide baru untuk memulai hal-hal yang baru dan cenderung bisa meyakinkan orang lain untuk mempercayai apa yang mereka percayai.


3. Tipe kepribadian S (submission)

Tipe Kepribadian S atau Submission adalah mereka yang cenderung pendiam dan menyukai lingkungan atau individu yang sefrekuensi agar dapat konsisten, mendukung dan setia dengan satu sama lainnya.

Mereka juga dikenal lebih simpatik atas pandangan orang lain dan mempunyai kemampuan mendengarkan yang sangat baik. Mereka mampu berkontribusi pada lingkungan dengan kondisi yang lebih tenang dan stabil.



4. Tipe Kepribadian C (Compliance)

Orang yang mempunyai tipe kepribadian C cenderung sangat analitis, lebih tertarik pada proses, struktur dan juga aturan yang berlaku. Tapi, mereka sangat skeptis dan lebih menggunakan logikanya dalam membuat keputusan yang objektif.

Walaupun mereka lebih senang bekerja sendiri, namun mereka juga bisa bekerja dengan orang lain secara baik dan mampu menjawab pertanyaan secara detail, menyelesaikan masalah secara alami, dan mampu mendukung opininya dengan bukti yang kongkrit.