Soft Skill yang harus dimiliki anak muda sejak sekarang

Updated: Dec 9, 2021


Sekarang ini kita semakin dihadapkan akan pentingnya soft skill bagi diri kita sendiri, organisasi dan kehidupan sosial bermasyarakat,Untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, seorang karyawan tidak hanya memerlukan hard skill, tetapi juga soft skill. Seperti kemampuan pengambilan keputusan, kepemimpinan, komunikasi, empati, kolaborasi, mendengarkan, dan manajemen waktu. Hampir setiap pekerjaan pasti melibatkan orang lain, baik anggota tim, kolega bisnis, media, dan konsumen. Karena itu, kemampuan-kemampuan ini penting untuk mendukung kinerja karyawan.


Dan ini sangat pentingnya bagi setiap manusia seperti yang telah dijelaskan diatas, soft skill adalah atribut diri serta kemampuan berkomunikasi yang merupakan sifat bawaan dan tidak dipelajari secara formal. Soft skill ini merupakan aspek penting dalam kesuksesan karir kamu, lho. Pasalnya, setiap pekerjaan membutuhkan keterlibatan orang lain.


Contoh Soft Skill yang harus kamu miliki dalam pribadi kamu


1.Skill Komunikasi

Komunikasi merupakan contoh soft skill yang harus kamu miliki. Sebab dalam bekerja tentu kamu tidak sendirian. Kamu perlu menjalin dan menjaga komunikasi dengan tim, klien hingga partner bisnis kamu. Kemampuan komunikasi juga diperlukan saat kamu membuat presentasi di hadapan atasan atau klien. Tanpa soft skill komunikasi yang baik, tentu pesan yang kamu utarakan tidak akan tersampaikan dengan baik pula kepada mereka.



2. Berpikir Kritis

Berpikir kritis dapat membuat kamu lebih mudah dalam menjabarkan pendapat dari orang lain dan tidak mudah percaya begitu saja. Saat kamu tahu persepsi dari orang tersebut salah, kamu akan membantunya mencari kebenaran. Hal ini tentunya akan meminimalkan salah persepsi.



3. Ledership

Dengan kekuatan leadership yang baik dan kerja sama tim yang dibentuk dengan baik pula, maka hambatan dan rintangan dapat dihadapi oleh Leadership atau kepemimpinan akan membangun karakter dan melatih skill seseorang.



4. Problem Solving

Skill ini akan sangat membantu di kehidupan karir mu, Dimana kita tahu bahwa sehari-hari akan banyak permasalahan yang harus dihadapi, mulai dari masalah kecil hingga cukup besar yang membutuhkan analisis untuk menemukan solusinyaproblem solving menuntut kamu untuk berpikir luas terhadap sudut pandang suatu masalah. Lalu, sebisa mungkin kamu menyelesaikannya dengan adil.


writer : Destri Ulina Malau