7 Tips Membuat CV yang Menarik

Updated: Aug 11, 2021

Di postingan kali ini, Minlearn bakalan kasih tips membuat CV yang menarik untuk kalian para mahasiswa maupun fresh graduate.


Sebelumnya sudah pada tahu belum apa itu CV?


Curriculum Vitae atau CV adalah salah satu dokumen yang wajib dan penting disiapkan untuk melamar kerja yaitu daftar riwayat hidup yang berisi data dan informasi. CV merupakan hal yang sangat penting karena kebanyakan perekrut hanya perlu menghabiskan sekitar 6-10 detik untuk melihat sebuah CV.


Jika dianggap menarik,maka perekrut akan lanjut membaca keseluruhan CV yang kamu buat. Namun apabila dianggap tidak menarik maka akan terlewat begitu saja. CV yang menarik tidak hanya dari segi isinya saja tapi juga pengemasannya. Lalu bagaimana cara membuat CV yang menarik?



Yuk simak beberapa tips berikut untuk membuat CV yang menarik agar dilihat oleh HRD!





1. Cantumkan informasi penting


CV harus efektif dalam menyampaikan poin penting. Dalam menyusun CV, buatlah secara berurut dan singkat. Informasi penting yang dicantumkan dalam sebuah CV sebagai berikut:


Identitas Diri: nama lengkap dan alamat

Kontak: nomor telepon, akun LinkedIn, dan alamat email

Pendidikan: pendidikan terakhir (jurusan dan IPK)

Profil Singkat: gambaran singkat karakter diri

Keterampilan: keterampilan serta skill yang dimiliki

Proyek dan Pengalaman Kerja: hal yang sudah diselesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah didapatkan.

Kursus dan Pelatihan Terbaru: kursus dan pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir.

Informasi Lain: prestasi, pengalaman organisasi, interest yang relevan dengan pekerjaan, dll.


2. Deskripsi diri yang singkat dan padat


Walaupun CV mencantumkan informasi penting, akan tetapi diusahakan informasi yang tetera pada CV kamu harus jelas, singkat, dan padat. Hal ini bertujuan untuk lebih menarik minat HRD dalam melihat CV dan agar informasi yang diberikan tidak bertele-tele. Kalimat panjang lebar tentang diri kamu adalah hal yang sudah ketinggalan zaman.


Dibanding seperti menulis diary atau surat curhat, yang perlu kamu buat adalah paragraf statement yang singkat dan padat tentang kenapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang sedang kamu incar tersebut.


3. Desain yang mudah dibaca


Sebelum membaca isinya, perekrut pasti melihat penampakan dari CV terlebih dahulu. Buatlah desain yang mudah dibaca dengan layout yang rapi. Buat desain yang sederhana dengan kombinasi warna yang bagus dan tidak terlalu mencolok supaya memudahkan pembaca untuk membaca tulisan.


Pilih font yang tampak elegan dan tetap mudah terbaca dengan ukuran 11 atau 12. Sebaiknya menggunakan format paragraf yang single spacing. Untuk judul kolom, gunakan ukuran 14 atau 16 dengan format tulisan bold.


Apabila posisi yang ingin dilamar adalah perusahaan yang bergerak di industri kreatif seperti agensi periklanan atau desain, maka buatlah CV dengan semenarik mungkin. Namun, apabila melamar pekerjaan di perusahaan yang bergerak di bidang umum, cukup membuat CV menjadi lebih menarik dengan komposisi warna dan tulisan yang pas.


4. Sesuai lowongan yang dilamar


Cara membuat CV menarik yang tidak kalah penting yaitu sesuaikan isi dengan kebutuhan perusahaan. Umumnya, pelamar mengirimkan format CV yang sama ke berbagai perusahaan padahal, tiap perusahaan mempunyai kriteria yang berbeda.


Cari tahu terlebih dahulu mengenai ketentuan perusahaan dan lowongan yang akan dituju. Menyesuaikan isi CV dengan pekerjaan yang sedang dilamar sehingga perekrut bisa melihat bahwa kamu memiliki kemampuan dan pengalaman kerja yang sesuai dengan syarat yang dibutuhkan.


Buat kamu yang masih bingung yuk ikut workshop Build Resume From Scratch bareng Halolearn




Register di www.halolearnid.com/program



5. Penggunaan bahasa dan pemilihan kata yang tepat


Cara membuat CV menarik berikutnya adalah dengan memperhatikan penggunaan bahasa dan pemilihan kata yang tepat. Sebaiknya, menggunakan kata-kata kerja untuk menunjukkan bahwa kamu berperan aktif dalam setiap kegiatan atau pengalaman kerja yang pernah dilakukan.


Misalnya, bisa menggunakan kata kerja seperti mengoordinasi, mengorganisasi, memimpin, dan kata kerja lainnya yang dapat menunjukkan kemampuan profesional. Selain itu, sebaiknya tidak memasukkan kata yang berbunga-bunga, seperti pekerja keras dan orientasi pada tim atau orientasi pada hasil.


6. Tambahkan skill yang sesuai


Penambahan skill pada CV kamu akan menjadi poin plus penilaian para HRD di perusahaan. Maka dari itu, kamu bisa menambahkan softskill yang sesuai dengan divisi yang kamu tuju. Hal ini juga menjadi daya tarik HRD untuk mempertimbangkan kamu dalam proses seleksi.


7. Tambahkan informasi social media kamu


Di era digital saat ini tentunya sebagian perusahaan telah melakukan proses seleksi pekerjaan dengan online. Maka dari itu kamu wajib mencantumkan informasi social media kamu untuk mendukung proses seleksi berkas serta memudahkan HRD dalam menghubungi kamu. Social media yang bisa kamu cantumkan seperti e-mail, LinkedIn, Instagram, dll.


Nah gimana teman-teman sudah tahu kan cara membuat CV yang menarik seperti apa? Buat teman-teman yang masih bingung atau masih ingin tahu cara membuat CV yang menarik, kalian bisa bergabung di program karir Halolearn yang nantinya kalian akan dibimbing dalam pembuatan resume atau CV oleh mentor yang berpengalaman.






Buat kalian yang pengen tahu informasi lebih lanjut silahkan cek informasinya di:

Instagram : @halolearn

Website : www.halolearnid.com